Sejarah Singkat Akuntansi

Akuntansi diakui lahir melalui tokoh bernama Luca Patiolo yang dijuluki sebagai bapak akuntansi pada akhir abad ke 15 lebih tepatnya pada tahun 1494. Akuntansi kemudian diperjelas dengan keluarnya buku yang membahas tentang pencatatn dan pembukuan secara berpasangan atau dikenal dengan double entry system, debet – kredit di dalam buku berjudul  “Summa De Aritmatica, Geometrica, Proporpioni et Proportionalita”.
Istilah debet dan kredit berasal dari Bahasa latin yaitu debere (percaya / mempercaya) dan credere (berutang). Gagasan Luca Paliolo ini lah ia diangkat sebagai bapak Akuntansi.
Akuntansi secara cepat berkembang di negara-negara Eropa yang dikenal dengan Tata Buku Konvensional, yang dibawa oleh para ahli yang terispirasi dari buku karangan Luca Paliolo. Tata buku pada mulanya hanya satu, yaitu tata buku tunggal, dan karena kebutuhan yang makin kompleks, muncullah tata buku berpasangan. Perkembangan system amerika kemudian disebut sebagai system Anglo Saxon yang sering kita kenal dengan accounting atau akuntansi. Baca selengkapnya tentang sejarah akuntansi.

Komentar